March 2, 2024

PRESISI

Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan

Polsek Long Ikis memberikan Himbauan kepada Puskesmas Long Ikis dan Klinik Beby Bunda Tentang larangan penjualan Obat Sirup Yang mengandung Bahan Etilen Glikol dan Dietilon Glikol.

Tana Paser – Bertempat di Puskesmas Long Ikis dan Klinik Beby Bunda Long Ikis Kapolsek Long Ikis Iptu Hermawan, SH, MH dengan didampingi KSPT Aipda Agus S. SH, MH bersama Babibkamtibmas Brigpol Koko Y.H berikan Himbauan kepada Puskesmas Long Ikis dan Klinik Beby Bunda Long Ikis Tentang larangan penjualan Obat Sirup Yang mengandung Bahan Etilen Glikol dan Dietilon Glikol.Sabtu (22/10/2022).

Aipda Agus menjelaskan bahwa berdasarkan himbauan dari Iktan Dokter Anak Indonesia tertanggal 19 Oktober 2022 terkait adanya penyakit Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal ( GgGAPA) agar Apotik untuk sementara tidak menjual obat bebas terbatas dan/ atau bebas terbatas dalam bentuk sediaan cair / syrup yang mengandung bahan Etilen Glikol dan Dietilon Glikol kepada masyarakat.

Agus juga menghimbau kepada masyarakat agar untuk sementara ini tidak memberi obat syrup kepada putra putrinya yang masih Balita yang mangandung Bahan Etilen Glikol dan Dietilon Glikol dan warga agar tetap tenang jika ada gejala GgGAPA yang ditandai dengan tidaak adanya buang air kecil secara mendadak, agar segera konsultasikan dengan tenaga Kesehatan setempat .”Tutupnya.