February 24, 2024

PRESISI

Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan

Polsek Long Kali kembali Sosialisasikan Disiplin Berlalu Lintas Kepada Pelajar SMP N 1 Long Kali

Tana Paser – Polsek Long Kali Polres Paser melalui program Police Goes To School, memberikan sosialisasi kepada siswa SMP yang ada di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser, mengajak mereka (pelajar) untuk tertib berlalu lintas.

Teranyar, Polsek Long kali kembali memberikan penyuluhan serupa kepada pelajar SMP N 1 Long Kali dalam rangka Ops Zebra Tahun 2022, Rabu (11/10/22).

Sebagai narasumber dalam program Police Goes To School tersebut, Bripka Opiansyah bersama Banit Lantas Briptu Agung Triyatna berbicara tentang etika dan tata cara berlalu lintas di jalan raya mulai dari bagaimana cara berkendara yang aman, menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar aturan lalu lintas.

“Kita sampaikan ke pelajar kalau belum punya SIM, jangan dulu mengendarai sepeda motor, kadang ada siswa yang membawa (motor) lalu dititipkan ke tetangga sekolah, itu tidak boleh, karena adik adik hampir semua umurnya masih di bawa 17 sehingga belum bisa untuk mengurus SIM.

“Sejauh pengamatan kami, pelajar bahkan yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, sudah diizinkan orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Padahal, dari sisi usia dan kematangan pola pikir, mereka belumlah
pantas untuk itu,” ujarnya.

Terakhir, di sampaika. kepada para pelajar bahwa dalam berkendara wajib mematuhi aturan dalam berkendara itu sendiri.

“Selain itu, kita juga sampaikan ke pelajar kalau diantar atau dijemput oleh orang tuanya menggunakan sepeda motor agar memakai helm SNI untuk melindungi dari benturan. Kalau sudah cukup umur, berkendara harus punya SIM, pakai helm dan tidak boleh kebut-kebutan,” imbuhnya.

HUMAS POLRES PASER