December 8, 2021

PRESISI

Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan

Cegah Masyarakat Lakukan Pungli Dan Korupsi, Polres Paser Laksanakan Sosialisasi

Polres Paser -Dalam rangka mencegah terjadinya pungli di Kabupaten Paser  Tim  Pemberantas Pungli Kabupaten Paser  yang terdiri dari Pemkab Paser  bersama Polres Paser dan kejaksaan Negeri Tanah Tanah Grogot  gelar sosialisasi peraturan presiden no.87 tahun 2016 tentang satuan tugas (Satgas) sapu bersih pungutan liar (pungli) di ruang Awa mufakat Kecamatan Batu Sopang Kab Paser Kaltim, Senin 18 Oktober 2021.

Kegiatan sosialisasi di pimpin oleh Kasiwas Polres Paser Iptu Joko Susanto  dan di hadiri oleh Camat Batu Sopang Misran,S.H., Inspektorat Pembantu III Daerah Kab. Paser Ir.Suwarto, Kasubag Keuangan Inspektorat Kab. Paser Hj. Sapriani, S.E., Staf Inspektorat Daerah Kab. Paser sdr. Harun dan Sdr. Maherani, KBO intelkam Ipda Hari Suswanto, dan kepala desa dan perwakilan desa yang ada di kec. Batu Sopang kab Paser. 

Sebagai Nara Sumber Kapolres Paser yang diwakili  oleh Kasiwas Polres Paser Iptu Joko Susanto menjelaskan, satgas saber pungli merupakan program pemerintah, yang mana hal ini bagian dari kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi dibidang hukum.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi serta terselenggaranya kegiatan yang terprogram dalam upaya percepatan pemberantasan pungutan liar di Kabupaten Paser , selain itu  agar masyarakat, sereta perangkat desa bisa memahami, kemudian mengawal dan mengawasi system pemerintahan di daerah, serta mampu membuat laporan berkualitas jika menemukan adanya indikasi terjadinya kejahatan dugaan pungli dan Korupsi.

“Peran serta dari masyarakat sangat kita butuhkan dalam menumbuhkan dan menciptakan budaya anti pungli dan korupsi sehingga kasus pungsi dan kjorupsi bisa ditekan semaksimal mungkin ,” papar Joko.

Kegiatan sosialisasi seperti ini akan kami lakukan ke semua Kecamatan bahkan sampai  ke desa-desa yang ada di Kabupaten Paser  guna menciptakan semangat kerja tanpa pungli atau korupsi, sehingga tidak ada lagi Pungli dan korupsi di wilayah kita,”pungkasnya