August 14, 2022

PRESISI

Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan

Gencarkan Vaksinasi Lansia, Polres Paser Terjang Jalanan Berlumpur

Tana Paser – Dalam rangka percepatan pencapaian Vaksinasi, Polres Paser Polda Kalimatan Timur memiliki slogan Buen Kesong (Berjuang Menciptakan Kesehatan Dengan Solidaritas Komponen Bangsa) melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh lapisan masyarakat baik pelajar, remaja, dewasa ataupun para lansia di wilayah Kab Paser Kaltim. Khususnya bagi lansia berbagai upaya dilakukan untuk mempercepat capaian Vaksinasi terhadap para lansia.

Khusus untuk Percepatan Vaksinasi bagi para lansia hari ini Selasa, (11/01/22) Polres Paser melaksanakan Vaksinasi di 5 tempat berbeda yaitu di Wilayah Kec Long Ikis, Kec Long Kali, Kec Batu Engau, Kec Paser Belengkong, Kec Muara Komam, dan Kec Tanjung Harapan. Dalam kegiatan Vaksinasi tersebut Bhabinkamtibmas dan tim vaksinator menerjang jalanan berlumpur untuk menjemput dan mendatangi lansia yang belum divaksin dan mengantarnya ke Gerai Vaksin Presisi Polri Polres Paser.

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta,SIK yang diwakili oleh Kasi Humas Akp Kamin mengatakan,”para Bahbinkamtibmas secara gencar selalu mensosialisasikan dan mencari untuk di vaksinasi. terutama para lansia, tidak mudah untuk mencari para lansia dikarenakan banyak yang terhalang oleh penyakit bawaan diantaranya, Hipertensi, Diabetes, Asma,dll” Selain sosialisasi, kami juga melakukan jemput bola ke desa-desa terisolir untuk menjemput dan mengantar lansia yang belum divaksin.”

Tim Vaksinator Polres Paser terus bergerak cepat dengan sistem penjemputan, kegiatan ini dilakukan karena mempermudah lansia melakukan vaksin dikarenakan terhalang oleh medan jalan yang kurang bersahabat menuju tempat vaksinasi.

“Bila bersedia divaksin, Bhabinkamtibmas akan mengantar ke Gerai Vaksin Presisi Polri, dan juga akan mengantar lansia kembali ke rumah masing- masing usai divaksin,” ujarnya.

Menurutnya langkah jemput bola tersebut memudahkan para lansia yang kesulitan untuk datang sendiri ke tempat Vaksinasi karena terkendala kondisi Fisik maupun jarak rumah yang jauh serta medan jalan yang rusak dan banyak lansia yang tidak paham dengan pengunaan Teknologi Informasi, sehingga kita terus menerjukan Tim Vaksinator dari Polres Paser untuk melakukan upaya percepatan vaksinasi.

Kegiatan vaksin hingga saat ini, terutama pada lansia, masih jauh dari target, sehingga kita yang harus jemput ke rumah warga.

Kelompok lansia ini sangat rawan jika terjangkit virus Covid 19 terlebih lagi ada varian baru yaitu Omicron yang sangat cepat penyebarannya di bandingkan varian Delta. Untuk itu kita harus aktif turun ke bawah untuk melakukan vaksinasi terhadap warga lansia yang belum mendapatkan pelayanan vaksinasi covid-19, Imbuhnya.

Harapan kami semoga target 60% Lansia tercapai dengan harapan para lansia tercipta kekebalan tubuh sehingga bisa terhindar dari Covid 19 varian baru Omicron yang sangat berbahaya ini ,”pungkasnya.