June 17, 2021

POLRES PASER

Jl.Jendral Sudirman No.19 Tanah Grogot

Tingkatkan Pelayanan Samsat Kabupaten Paser Luncurkan Aplikasi Samsat Kaltim Delivery

Paser– Dalam Era Polri Presisi Polres Paser lakukan peralihan pelayanan yang mulai dilakukan di kantor samsat induk Kabupaten Paser. saat ini Samsat induk Kabupaten Paser tengah mempersiapkan pelayanan berbasis aplikasi online yang dapat dilakukan oleh setiap masyarakat hanya dengan memanfaatkan smartphone.

Kasat lantas Polres Paser IPTU Edo Damara Yudha,SIK melalui Kanit Regident IPTU Wahyudhi Ismanto menyampaikan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan penerapan program inovasi yang digagas oleh Dirlantas Polda Kaltim dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor satu tahunan yang meminimalisir berkumpulnya massa dan mengurangi kegiatan masyarakat keluar rumah di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Samsat Tanah Grogot sendiri sangat mendukung sepenuhnya dengan adanya program dari Dirlantas Polda Kaltim yang menerapkan pelayanan berbasis aplikasi Online ini yang merupakan inovasi tepat sebagai salah satu bentuk Penerapan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 di unit pelayanan Kantor Samsat  Kabupaten Paser,” ujar Kanit Regident.

Adapun aplikasi yang saat ini tengah dipersiapkan samsat induk Kabupaten Paser ialah aplikasi “Samsat Kaltim Delivery”, aplikasi tersebut bisa di download melalui smartphone berbasis android melalui playstore dan App store bagi smartphone berbasis IOS Direncanakan aplikasi tersebut akan di launching di Kabupaten Paser pada 1 Juni 2021 mendatang.untuk itu saat ini pihak Samsat Paser tengah melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat Kabupaten Paser.

“Dengan adanya aplikasi ini tentu mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di kantor samsat Paser. masyarakat nantinya tidak perlu lagi mendatangi kantor samsat untuk mendapatkan pelayanan pembayaran pajak satu tahunan, di manapun wajib pajak berada cukup menggunakan aplikasi di smartphone  mendaftar secara online dengan mengisi semua data yang di perlukan kemudian di terima oleh petugas pendaftaran setelah data di nyatakan valid dan laporan pembayaran  non tunai terkonfirmasi  petugas  akan memprosesnya dengan mencetak notice pajak dan akan di antar sesuai alamat  wajib pajak berada ,” terang Kanit Regident.

Namun demikian aplikasi ini sementara baru bisa melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor satu tahunan dan atas nama pemilik yang terdaftar di STNK. Bertahap pelayanan lainnya juga akan di kembangkan. Untuk mensukseskan pelayanan tersebut, ia juga mengaku tengah bekerja sama dengan pihak jasa pengantar barang dan dokumen yang bisa langsung mengantarkan dokumen masyarakat ke alamat masing-masing.

“sementara masih pajak tahunan yang bisa dilayani menggunakan aplikasi ini, bertahap akan ada pengembangan lagi. Kami juga sudah berkoordinasi dengan  jasa pengantaran untuk bekerja sama dan mendukung program “Samsat Kaltim Delivery” ini untuk mempermudah pelayanan samsat kepada masyarakat yang gak ribet semudah memesan pizza,” pungkasnya.(Red/Myq)