Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-73, Polres Paser Gelar Syukuran

Polrespaser.net – Kepolisian Resort Paser melaksanakan Syukuran dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73 di Hotel Kriyad Sadurengas Km. )5 tanah Grogot Kab.Paser, Rabu (10/7/2019).

Acara dipimpin langsung Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, S.I.K,M.H, dan dihadiri Bupati Paser diwakili Hj. Ina Rosana, Wakil Bupati Paser HM Kaharuddin, SE, Kejari Tanah Grogot M. Syarif, Wakil Ketua DPRD Ikhwan Antasari, Ketua Pengadilan Boedi Haryantho, SH, MH, Kodim 0904/TNTG diwakili Kasdim Mayor Inf Danang SetiajiWaka Polres Paser Kompol Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K., Dan Pos Pondong, Danki brimob IPTU Ali M, Purnawirawan Polri, Ketua Koni Toto Sumardiono, Para Kabag, Para Kasat, perwakilan Perusahaan dan Perbankan, Ketua  Bhayangkari cabang paser Ny. Olin Roy peserta pengurus Bhayangkari, WaraKaworii, Tokoh masy ,  tokoh adat,  tokoh pemuda dan tokoh wanita.

Dalam sambutan Kapolri Jendral Muhammad Tito Karnavian yang dibacakan Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, S.I.K,M.H,  mengatakan Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946.

Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen Kepolisian ke dalam satu institusi Kepolisian yang bersifat nasional.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi Bapak Presiden terhadap berbagai capaian Polri, khususnya dalam menghadapi berbagai agenda nasional sepanjang tahun 2018 dan 2019, mulai dari pengamanan Asian Games di Jakarta, Sumsel, Jabar, dan Banten, Asian Para Games di Jakarta, IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali, Pilkada Serentak 2018 di 171 wilayah, tahapan Pemilu 2019, Ramadhan dan Idul Fitri 2019, sampai dengan operasi penanganan bencana di berbagai daerah, “katanya.

Selain itu, Kami juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Bapak Presiden terhadap pengelolaan organisasi Polri, khususnya terkait Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diraih Polri selama 6 tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2013 sampai dengan 2018, peningkatan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Polri, dari 72,11 di tahun 2017 menjadi 74,08 di tahun 2018.

“Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Polri, dari 73,65 di tahun 2017 menjadi 75,18 di tahun 2018, serta terwujudnya 69 Zona Integritas di lingkungan Polri,”ujarnya.

Berbagai capaian yang diraih oleh Polri tersebut, akan mendorong Polri untuk terus melaksanakan perbaikan guna mendapatkan kepercayaan publik yang amat penting di era demokrasi ini.

Selanjutnya kami juga siap menindaklanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas, Pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

“Ketiga, Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Keempat, Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan dan Kelima, Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri, “ujarnya.

Kami mohon doa dan dukungan dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, pimpinan Lembaga Tinggi Negara, pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI, serta seluruh masyarakat Indonesia, agar Polri semakin profesional, modern, dan terpercaya, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, kami mengucapkan terima kasih atas peningkatan tunjangan kinerja bagi personel Polri, bersama dengan TNI, sebesar 70% yang telah terlaksana selama 1 tahun, mulai tanggal 1 Juli 2018. Hal tersebut amat berarti bagi peningkatan kesejahteraan personel Polri dan TNI,”katanya.

Kami selaku Kapolri dan tentunya Bapak Panglima TNI, memiliki visi yang sama untuk terus menjaga stabilitas Kamtibmas, menuntaskan tahapan Pemilu 2019, hingga momentum pelantikan pada Oktober 2019 mendatang.

 Juga memelihara stabilitas keamanan dalam negeri pasca pelantikan, sehingga Pemerintah dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pendapatan nasional.

“Dengan demikian tersimpan harapan kepada Bapak Presiden, kiranya tunjangan kinerja anggota TNI dan Polri di masa kepemimpinan 5 tahun ke depan Insyaallah dapat meningkat menjadi 100 persen, “ujarnya.

Setelah membacakan Sambutan dari Kapolri, Kapolres Paser bersama  ketua bhayangkari cab.paser menggelar acara pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, selanjutnya tumpeng diberikan kepada perwira /bintara tertua, pemberian tali asih kepada purnawirawan dan  sekaligus ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan.

( HUMAS POLRES PASER )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *