Samsat Paser Terapkan Pola Pelayanan Bebas Calo

Polres Paser – Jajaran Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Paser, menerapkan pola pelayanan pengurusan surat kendaraan dengan pola bebas dari percaloan.

“Pelayanan proses pengurusan pelayanan surat kendaraan di Kabupaten Paser kini semakin mudah dan cepat. Karena pola diterapkan dengan bersahabat,” kata Kasat Lantas Polres Paser, AKP. Hendro Wibowo, SH , Selasa.

Jadi, pelayanan di kantor Samsat yang terletak di Jalan S.I Khailuddin,  kabupatenPaser sudah memberlakukan sistem pelayanan percepatan surat pajak semua tipe tanpa melalui calo.

Hal itu dilakukan guna memberi rasa nyaman bagi masyarakat sebagai wajib pajak.

“Kita sengaja deklarasikan zona bebas percaloan di sini dan dengan pola bersahabat. Agar seluruh pelayanan tetap prima disemua unit, ini kita berlakukan pada pengurusan mulai dari Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK dan BPKB,” katanya Hendro Wibowo,SH.

Disamping itu pelayanan bersahabat tampa calo ini, bagian dari upaya untuk mewujudkan dan menggalakkan serta mengembangkan sistem pelayanan Samsat maupun pelayanan terhadap masyarakat bebas dari pungli.

Kemudian juga bertujuan untuk memberi kepuasan dan kenyaman bagi wajib pajak saat pengurusannya di Samsat paser, wajib pajak datang sendiri tanpa adanya intervensi dari luar maupun internal Polres sendiri.

“Kami sudah menyosialisasikan kepada masyarakaPaser, agar setiap warga wajib pajak yang mengurus ke Samsat Paser, agar dapat mengurusnya sendiri tanpa melalui proses percaloan,”tegasnya.

Disamping sosialisasi ke masyarakat setempat, pesan ini juga disampaikan dalam bentuk alat peraga, di antaranya spanduk, ujarnya Hendro Wibowo yang cukup akrab dengan masyarakat Paser ini.

Guna mencegah terjadinya praktek percaloan yang merugikan masyarakat, sejumlah petugas di tiap unit pelayanan telah ditempatkan khusus agar tidak ada lagi oknum yang berperaktek menjadi calo. “Semua kita kondisikan sesuai petunjuk Kapolres Paser,” katanya.

Warga Paser mengaku senang dengan adanya pola pelayanan prima tanpa calo dan bersahabat itu, terkait dirinya sudah tidak ragu dalam melakukan pengurusan baik SIM, STNK maupun BPKB.

“Kita pastinya senang dengan pola seperti itu, dan pastinya dengan pola pelayanan prima semua akan berjalan dengan cepat. Buktinya, saya hanya butuh satu 1 jam mengurus STNK langsung selesai,” katanya.

(S.S/Humas Polres Paser/Polda Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *