Polres Paser Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Samsat Bebas Pungli

Polres Paser – Sat Lantas Polres Paser, membuat komitmen dengan menandatangani komitmen bersama guna peningkatan kualitas pelayanan untuk membuat SIM, STNK dan BPKB.

“Dalam komitmen bersama itu, tertuang transparasi pelayanan Samsat, tidak ada pungutan liar (pungli) selain biaya yang ditetapkan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2010 tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak, kata Kapolres paser,”AKBP Dudy Iskandar, SIK di Tanah Grogot ┬áSelasa, 08 Agustus 2017.

Dalam komitmen itu juga tertuang transparasi dalam proses pelayanan penerbitan SIM, melakuakan perampingan loket wajib pajak, serta melengkapi semua administrasi dan persyaratan kendaraan sesuai prosedur.

Selanjutnya, menghilangkan praktik percaloan pada masing-masing tempat pelayanan SIM, BPKB dan STNK serta melibatkan pengawas internal dan eksternal secara melekat. Tidak mempersulit masyarakat dalam proses pengurusan SIM, BPKB, dan STNK, serta melaporkan kepada pimpinan apabila petugas melakukan pelanggaran terhadap komitmen tersebut.

Sementara itu Sat Lantas Polres Paser, Kapolres Dudy Iskandar, SIK, komitmen bersama ini untuk dapat dipertanggungjawabkan baik secara institusi maupun hukum.

“Saya harapkan agar komitmen ini jangan hanya melihat sebatas penandatangan. tetapi perlu implementasinya yang harus dilaksanakan,” tegasDudy.

Sementara itu  mengatakan tidak ingin komitmen ini dinodai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan semoga anggota di lapangan benar-benar bisa menjaga komitmen tersebut.

(S.S/Humas Polres Paser/Polda Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *