Begini Upaya Hilangkan Pungli Pelayanan Pajak di Samsat Paser

Polres paserĀ – Pelayanan Kantor Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Satlantas Polres Paser ditarget bebas dari praktik Pungutan Liar (Pungli).

Penegasan itu disampaikan Kanit Regident Satlantas Polres Paser Ipda Andi Bagus,W,SH.

Untuk menghilangkan praktik pungli, pihaknya memasang spanduk bertuliskan pelayanan prima bebas dari percaloan. Ipda Andi Bagus juga tak hentinya memberi imbauan kepada masyarakat terkait dengan pelayanan pajak STNK, penerbitan BPKB dan SIM yang bebas dari praktik pungli dan percaloan.

“Ini untuk menghilangkan budaya masyarakat dan pegawai agar tidak membiasakan bekerja untuk menerima imbalan dan memberi imbalan,” kata Kanit Regident Satlantas Polres Paser, Ipda Andi Bagus, Selasa (08/08/2017).

Andi Bagus mengungkapkan, sesuai dengan perintah Kapolri, pihaknya juga sudah membuka 2 loket. Loket I untuk pelayanan pendaftaran dan penetapan pajak sementara loket II untuk pelayanan pembayaran dan penyerahan.

Selain itu, kata dia, juga ada pengawasan internal dari Propam Polres Paser . “Jangka waktu untuk pelayanan pengesahan STNK, pelayanan perpanjangaan atau ganti plat/TNBK dan pelayanan pengurusan kendaraan baru harus sesuai dengan SOP (standar pelayanan operasional),” tutupya.

(S.S/Humas Polres Paser/Polda Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *